Google

Sunday, December 10, 2006

Sejarah Tana Toraja

ASAL MASYARAKAT TANA TORAJA ...

Konon, leluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, mitos yang tetap melegenda turun temurun hingga kini secara lisan dikalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai media komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa).
Lain lagi versi dari DR. C. CYRUT seorang anthtropolog, dalam penelitiannya menuturkan bahwa masyarakat Tana Toraja merupakan hasil dari proses akulturasi antara penduduk (lokal/pribumi) yang mendiami daratan Sulawesi Selatan dengan pendatang yang notabene adalah imigran dari Teluk Tongkin (daratan Cina). Proses akulturasi antara kedua masyarakat tersebut, berawal dari berlabuhnya Imigran Indo Cina dengan jumlah yang cukup banyak di sekitar hulu sungai yang diperkirakan lokasinya di daerah Enrekang, kemudian para imigran ini, membangun pemukimannya di daerah tersebut.
Nama Toraja mulanya diberikan oleh suku Bugis Sidendereng dan dari luwu. Orang Sidendreng menamakan penduduk daerah ini dengan sebuatn To Riaja yang mengandung arti "Orang yang berdiam di negeri atas atau pegunungan", sedang orang Luwu menyebutnya To Riajang yang artinya adalah "orang yang berdiam di sebelah barat". Ada juga versi lain bahwa kata Toraya asal To = Tau (orang), Raya = dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja, dan kata Tana berarti negeri, sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja.
Sejarah Aluk
Konon manusia yang turun ke bumi, telah dibekali dengan aturan keagamaan yang disebut aluk. Aluk merupakan aturan keagamaan yang menjadi sumber dari budaya dan pandangan hidup leluhur suku Toraja yang mengandung nilai-nilai religius yang mengarahkan pola-pola tingkah laku hidup dan ritual suku Toraja untuk mengabdi kepada Puang Matua.
Cerita tentang perkembangan dan penyebaran Aluk terjadi dalam lima tahap, yakni: Tipamulanna Aluk ditampa dao langi' yakni permulaan penciptaan Aluk diatas langit, Mendemme' di kapadanganna yakni Aluk diturunkan kebumi oleh Puang Buru Langi' dirura.Kedua tahapan ini lebih merupakan mitos. Dalam penelitian pada hakekatnya aluk merupakan budaya/aturan hidup yang dibawa kaum imigran dari dataran Indo Cina pada sekitar 3000 tahun sampai 500 tahun sebelum masehi.
Beberapa Tokoh penting daiam penyebaran aluk, antara lain: Tomanurun Tambora Langi' adalah pembawa aluk Sabda Saratu' yang mengikat penganutnya dalam daerah terbatas yakni wilayah Tallu Lembangna.
Selain daripada itu terdapat Aluk Sanda Pitunna disebarluaskan oleh tiga tokoh, yaitu : Pongkapadang bersama Burake Tattiu' menuju bagian barat Tana Toraja yakni ke Bonggakaradeng, sebagian Saluputti, Simbuang sampai pada Pitu Ulunna Salu Karua Ba'bana Minanga, derngan membawa pranata sosial yang disebut dalam bahasa Toraja "To Unnirui' suke pa'pa, to ungkandei kandian saratu yakni pranata sosial yang tidak mengenal strata. Kemudian Pasontik bersama Burake Tambolang menuju ke daerah-daerah sebelahtimur Tana Toraja, yaitu daerah Pitung Pananaian, Rantebua, Tangdu, Ranteballa, Ta'bi, Tabang, Maindo sampai ke Luwu Selatan dan Utara dengan membawa pranata sosial yang disebut dalam bahasa Toraja : "To Unnirui' suku dibonga, To unkandei kandean pindan", yaitu pranata sosial yang menyusun tata kehidupan masyarakat dalam tiga strata sosial.Tangdilino bersama Burake Tangngana ke daerah bagian tengah Tana Toraja dengan membawa pranata sosial "To unniru'i suke dibonga, To ungkandei kandean pindan", Tangdilino diketahui menikah dua kali, yaitu dengan Buen Manik, perkawinan ini membuahkan delapan anak. Perkawinan Tangdilino dengan Salle Bi'ti dari Makale membuahkan seorang anak. Kesembilan anak Tangdilino tersebar keberbagai daerah, yaitu Pabane menuju Kesu', Parange menuju Buntao', Pasontik ke Pantilang, Pote'Malla ke Rongkong (Luwu), Bobolangi menuju Pitu Ulunna Salu Karua Ba'bana Minanga, Bue ke daerah Duri, Bangkudu Ma'dandan ke Bala (Mangkendek), Sirrang ke Dangle.
Itulah yang membuat seluruh Tondok Lepongan Bulan Tana Matari' Allo diikat oleh salah satu aturan yang dikenal dengan nama Tondok Lepongan Bulan Tana Matari' Allo arti harfiahnya adalah "Negri yang bulat seperti bulan danMatahari". Nama ini mempunyai latar belakang yang bermakna, persekutuan negeri sebagai satu kesatuan yang bulat dari berbagai daerah adat. Ini dikarenakan Tana Toraja tidak pernah diperintah oleh seorang penguasa tunggal, tetapi wilayah daerahnya terdiri dari kelompok adat yang diperintah oleh masing-masing pemangku adat dan ada sekitar 32 pemangku adat di Toraja.
Karena perserikatan dan kesatuan kelompok adat tersebut, maka diberilah nama perserikatan bundar atau bulat yang terikat dalam satu pandangan hidup dan keyakinan sebagai pengikat seluruh daerah dan kelompok adat tersebut.

92 comments:

Anonymous said...

bisa tolongin sekalian tampilin value apa ajah yang dimiliki suku toraja ga??

buat bahan skripsi uy!!

thx b4

dOnnA said...

Tp kenapa ya ada beberapa orang yang mengambil kesimpulan kalo nenek moyang orang2 toraja itu sebenarnya adalah orang2 BATAK, yang saat itu memang berpencar ke beberpa daerah.
Gimana tuhh???
Gw jg org toraja, tp tetep kgk ngarti asal usul nya. hehe.

Unknown said...

Boleh ikut komentar solata...

Mengenai Toraja = Batak...ini selalu saya dengar dan baca...

Batak (dalam pengertian Batak Toba/Tapanuli) bisa dikatakan suatu suku bangsa yang selalu ingin mau mendominasi atas suku bangsa yang lain,setelah membuat tarombo akal-akalan mereka yang menyatakan bahwa Suku bangsa sekitar mereka seperti Simalungun,Karo,Pakpak,Angkola,Mandailing bahkan Gayo Alas dan Nias adalah diaspora dari mereka maka kini Toraja juga yang mulai dikorek-korek...

Suku Toba/Tapanuli sendiri sibuk dengan asal mula mereka,ada yang bilang mereka hasil diaspora dari suku bangsa Yahudi yang hilang bahkan hingga yang tidak masuk akal dengan mengatakan Si Raja Batak "jatuh" dari Nirwana di Pusuk Buhit.

Toraja adalah tetap Toraja dengan segala kekayaan budaya yang dimiliki olehnya.Kita sebagai Putra dan Putri generasi Toraja harus bangga dengan budaya kita.

Gini aja kalo ada orang batak Toba/Tapanuli yang katakan pada kita bahwa kita ini orang toraja adalah diaspora dari mereka maka tanyakan begini :
"apakah nenek moyang atau datu-datumu di Tanah Tapanuli atau Samosir sana bisa membuat orang mati berjalan?" hahaha ga akan bisa..cuma toraja aja yang punya budaya itu dan mampu melakukannya...

Hidup Toraja!!!

Michael F. Tomarere
(Seorang Cina-Toraja yang beristrikan gadis Simalungun-Sumut)
www.sevilla99.wordpress.com

herry said...

tondok lepongan bulan to dipamatari' allo...bravo forever

Anonymous said...

hy...kampungbaru
aku imel
aku orang batak simalungun. Ketika aku baca komen kamu, aku sedikit tersinggung.

secara umum batak adalah satu rumpun bangsa proto Malayan dan ada kemiripan dalam hal adat istiadat..

lagian batak setahu saya g pernah mengklaim nias adalah diaspora mereka,,karen secara fisik sangat berbeda.

Dody said...

lain lagi yg aku dengar
aku orang toraja asli & yg aku tahu dari orang-orang tua bahwasanya toraja-batak adalah dua bersaudara yg mana yg kakak itu yg msh tanda tny, klo orang toraja mengatakan mereka kakak (batak mlh mengatakan sebaliknya).
awalnya mereka datang dari daratan cina selatan sampai di toraja (mgkn bisa di-link-kan dg artikel2 ttg asal usul nenek moyang kita) tp entah mgkn ada kesalahapahaman akhirnya mereka berpisah & sang adik pun mengembara sampailah dia d pulau yg skrg dsbt pulau sumatra.
namun walaupun mereka sdh berpisah toh persaudaraan mereka tetap tidak luntur krn sang kakak (toraja) sering mengunjungi sang adik (batak). mereka sering mengadakan pertemuan di suatu danau yg skrg dikenal dg nama "Danau Toba". Toba = Toraja Batak.
semoga infonya bermanfaat buat temans semua.

Dody said...

to anonymous,
anda gak usah tersinggung
bukannya saya mo membela sdr kampungbaru tp sy sndri sdh membaca buku yg diterbitkan orang anda sndri.
dan mmg begitulah adanya.
orang anda mmg mengklaim bhwsanya suku2 d sktr anda adalah msh berhubungan darah dg orang anda.

bahkan orang anda sendiri jg mengklaim bhw toraja & dayak jg msh berhub darah dg anda.

so jgn tersinggung men...

Teto Silo said...

to Kampungbaru atau michael f. tomarere (cina yg ngaku2 orang toraja) ..
.
Pada suatu sisi ada yang ingin mencari dan menyelidiki kemungkinan adanya hubungan kekerabatan antara 2 suku bangsa yang memang ada kemiripan. Suku bangsa Toraja dan Batak.
Pada sisi lain si kampungbaru atau michael f. tomarore, keturunan china yang ngaku2 toraja, justru bersikap ingin menciptakan permusuhan antara toraja dan batak. Tidak usah menghina dan melecehkan suku lain, karena bisa memicu konflik sara. Anda hidup di lingkungan kami orang2 toraja, tapi anda tidak memahami karakter orang toraja yang cinta damai.
Begini, hati dan batin saya setiap mendengar kata 'batak', adrenalin saya meningkat, saya merasa seperti ada hubungan batin antara toraja dan batak. Setahu saya pada masa pra agama di batak (zaman datu-datu atau nenek moyanglah, seperti kata si kampungbaru) ada patung yang bisa menari dan berjalan tanpa alat bantu. Kalau tidak salah namanya sigalegale. Ada kemiripan kok, cuma bedanya di toraja (mayat), di batak (patung).
Sdr. Kampungbaru lain kali hati2 ya berkomentar.
.
(Soneli, Jakarta)

Halim Gasing said...

Kampret lu kampungbaru ! siapa lu ? mau ngadu domba ya..........

Andela Rassinglili said...

wah...wah...wah... menurut aku suku Toraja, suku Daya, n' suku Batak itu berasal dari satu keturunan yang sama yaitu memiliki darah keturunan cina. Sehingga ketiga suku tersebut adalah suku pertama di Indonesia yang di sebut sebagai suku melayu tua. Dari segi adat dan budaya ketiga suku itu memiliki banyak sekali persamaan.

Andela Rassinglili said...

wah...wah...wah... menurut aku suku Toraja, suku Daya, n' suku Batak itu berasal dari satu keturunan yang sama yaitu memiliki darah keturunan cina. Sehingga ketiga suku tersebut adalah suku pertama di Indonesia yang di sebut sebagai suku melayu tua. Dari segi adat dan budaya ketiga suku itu memiliki banyak sekali persamaan.

Andela Rassinglili said...

wah...wah...wah... menurut aku suku Toraja, suku Daya, n' suku Batak itu berasal dari satu keturunan yang sama yaitu memiliki darah keturunan cina. Sehingga ketiga suku tersebut adalah suku pertama di Indonesia yang di sebut sebagai suku melayu tua. Dari segi adat dan budaya ketiga suku itu memiliki banyak sekali persamaan.

Nanzu said...

Toraja ya Toraja aja.

Nenek Moyang orang Toraja itu dari Dong Son sana ... Vietnam Selatan.

Klo masalah Batak sih ya memang mirip, kan sama2 proto melayu. Sama aja dengan Nias, Kalimantan, dsb.

Tapi kalo dikaji lebih lanjut dengan memang suku Toraja lah suku tertua yang mendiami bumi Indonesia. Ga usah ngomongin SARA lah. Ini kan thread Toraja. malu kalau cuma komen doang jadi tusuk2an gini. Mending bikin thread untuk bahas tentang itu tapi jgn tusuk2an kek gitu ... Kan ga ada yang tau yg sebenarnya. Hehehe

btw artikelnya bagus ... thanks for sharing.

Saya juga Toraja.

Anonymous said...

knp terlalu pusing soal asal usul, yang paling penting hidup dlm takut akan Tuhan dan mengasihi sesama na kita sama2 ciptaan Tuhan ji to,umba na kua sangmane!

jailani said...

salam kenal
saya orang daya (salah satu suku di sumatra selatan )
dalam buku W.V van royan (1927 )dalam buku tersebut menyebut kan bahwa nenek moyang orang toraja , batak ,daya adalah adik kakak yang pertama nenek moyang orang toraja ke 2 daya dan ke tiga batak. yang mana mereka berasal dari daerah mendanaou filifina selatan.
disini saya kira tidak ada yang bermaksut saling klem. kita generasi muda ingin mencari tau asal usul suku yang kita sama2 banggakan itu.
entah benar atau salah tulisan di buku itu namun bagi saya cukup untuk sekedar menambah wawasan
tuk sau dara kampungbaru kalau benar apa yang di tulis oleh W.V van royen (1927 ) tsb gak ada salahnya kita mengakui bahwa kita se rumpun toh juga kan kita udah punya budaya masing2 jarak nyapun saling berjauhan, jadi gak usah saling melontarkan kata2 yg gak enak di dengar...
tuk pemuda/i tana toraja lestarikan terus budaya kalian karna budaya kalian memang luar biasa ......
salam dari pemuda/i jalma daya ( bukan dayak ya)

Unknown said...

Yang paling mendekati benar, menurut pendapat saya, adalah, baik Batak maupun Toraja berasal dari Minangkabau yang sejak zaman purba punya kebiasaan merantau di kalangan generasi pria.

Jadi jangan heran kalau di Toraja banyak ditemukan kata-kata seperti to (ato' / datok / atu' / datuk), lakien (rangkiang), langi' (langik), rante (rantau), tondok (tunduak).

Sistem pemerintahan mereka juga mirip, konfederasi para pemangku adat.

Dari sudut kompleksitas artistika, grafika dan estetika rumah adat, Toraja lebih dekat ke Minangkabau, tapi dari sudut bentuk atap, justru Batak yang lebih dekat ke Minangkabau.

Tinggal orang Toraja sendiri menentukan pilihan, kalau nenek moyang mereka dari utara, berarti dari via perantau Melayu dari semenanjung Malayia yang notabene juga keturunan Minangkabau.

Kalau dari selatan, berarti dari Bugis dan Batak, karena kedua suku tersebut punya kaitan sejarah yang kuat sebagai pelaut nusantara keturunan Melayu, setelah budaya maritim (talu, pantai) di Minangkabau meredup.

Saya pribadi sedang menyusun buku putih asal usul Nusantara yang akan saya publikasikan di blog majelis pengetahuan bernama SurauNet.

Mohon maaf jika ada kata yang salah. Tiada maksud apa-apa selain love, peace & brotherhood.

Alec Sutaryo
http://www.surau.net/propolis.php

yefri said...

klo menurut sy sbgai orang toraja 100% juga lahir n besar di rantepao, toraja tu ga ada kaitannya dgn batak, daya ato minang.
Klo ada kemiripan sy kira itu wajar karena memang suku2 di indonesia memiliki bbrapa kemiripan tp tak sama.
Soal rumah adat batak yg dibilang mirip, emang agak mirip, tp coba lihat, lengkungan atapx,rumah toraja cenderung lebih cekung. ukirannya,toraja lebih banyak, indah dan banyak artinya. posisinya, rumah adat toraja jg hrus selalu dr utara selatan, it's very different.
Bahasa yg digunakan jg sngtlah brbda. Andai kata memang 1 rumpun, pasti ada bnyak kesamaan. Sprti suku melayu di sumatera n kalimantan. malah bhs toraja lbih bnyk kesamaan dgn bugis n mkassar yg emnag nota bene msh saudara dngn suku toraja.
Buat suku batak, yg mngatakan nnek moyangx brpencar ke bbrapa daerah, sy kira ga mkin ke luar sumatera, karena setau sy suku btak tu bukan pelaut, mana mkn bisa nybrang ke sulawesi,,, jalan kaki??? that's imposible...
Kami suku toraja punya asal usul sendiri, punya budaya sendiri yg emang ga ada duanya di dunia.
Apabila ada penelitian atau pndapat dr bbrapa ahli biarpun itu profesor dr luar negeri, ttaplah itu tdak mutlak benar karena mrka jg manusia biasa.
Kami suku toraja sudah pasti serumpun dgn bugis, makassar dan mandar. walaupun agak brbeda dgn suku-suku trsbut itu disebabkan oleh topografi penduduk toraja yg tinggal di pegunungan n dataran tinggi. Yg mengalami akulturasi yg panjang, shingga menimbulkan budaya Toraja yg unik n lain dr pd yg lain. Brbeda dgn suku bugis, makassar n mandar yg mendiami pantai, tentu budaya mrka hampir sama.
Sehingga kami semua trgabung menjadi satu kesatuan, propinsi Sulawesi Selatan.
Itulah keterangan yg sy tau sbgai orang asli n mmang menetap di toraja dr kecil hingga dwasa.
Terimakasih..
Tuhan mmbrkati.

Anonymous said...

mo tanya nich sanggala lama ikut toraja bagian mana ?

Anonymous said...

setahu saya asal usul orang Toraja itu berasal dari kata To artinya orang, Raja artinya penguasa jadi toraja artinya orang penguasa. Konon kta orang2 yang sdah tua toraja dulunya terdapat banyak orang2 penguasa(raja)

Anonymous said...

hy kampung baru....
aku orang batak TOBA
saya tidak pernah org batak menganggap orang batak=org toraja....apa untungnya...? so yang pernah saya dengar bahwa org toraja banyak sekali mengatakan batak=toraja...knapa?....ada 3 suku yang paling di akui di indonesia...Padang,jawa,dan batak)
berdaganglah seperti orang padang(terbukti jago bro) bekerjalah seperti org jawa (terbukti orgnya ulet) dan terakhir berpikirlah seperti orang batak(b'coz karna org cerdasnya indonesia bro).....

Toraj.???? n saya kasih tw kw bro...di sumater n di jawa org masih bertany-tanya toraja itu apakah....ckckckckc...sok jago.....pejabat2 dan org pintarnya aja bisa di hitung dengan jari2 wkwkwkwkwkwkwkwk

nobert raymond said...

toraja n batak sebenarnya sama karna sama2 dari klan proton tua jadi karena toraja n batak masih satu klan jadi janganlah kita saling menyinggung satu sama lain yg nantinya akan merusak negara kita.

by tator boys putra sangallah

nobert raymond said...

buat anonymous said;
kalau kamu bertanya2 apa itu toraja berarti anda sangat bodoh orang dari barat aja tahu apa itu toraja,

Fika Higurashi said...

memangnya apa kemiripan suku toraja dengan batak?
terus apa benar suk toraja nenek moyangnya orang china?
sya yang orang toraja aja gag tau asal-usul suku toraja?

Fika Higurashi said...
This comment has been removed by the author.
TORAJA...rumpunKU said...

Sy yang terlahir dari suku Makassar tdk setuju klu saudara serumpunku Toraja...dikaitkan dengan BATAK. Toraja, ya adalah TORAJAku..rumpun kami.To=Tau (orang)+ raya(mendiami diketinggian).Itu salah satu saja kemiripan kami sebagai bangsa serumpun (Bugis,Makassar,Toraja,Mandar,Duri,Konjo) yang sedikit membedakan karena faktor geografi...(setuju dgn ulasan sdr.yefri)...hidup TORAJA...Rewako

TORAJA...rumpunKU said...

Sdr yg ngaku Batak Toba...betul pendapat sdr itu ( tapi pendapat tsb.dari kaca mata sdr).Klu dari kaca mata kami bahwa BERDAGANGLAH seperti ORANG BUGIS, BEKERJALAH (berkreasilah) seperti ORANG TORAJA ( memiliki budaya /seni yang bernilai tinggi)dan BERJIWA/SEMANGAT sebagai Orang MAKASSAR/MANDAR (penjelajah/pengarung samudera)

TORAJA...rumpunKU said...

hy kampung baru....
aku orang batak TOBA
saya tidak pernah org batak menganggap orang batak=org toraja....apa untungnya...? so yang pernah saya dengar bahwa org toraja banyak sekali mengatakan batak=toraja...knapa?....ada 3 suku yang paling di akui di indonesia...Padang,jawa,dan batak)
berdaganglah seperti orang padang(terbukti jago bro) bekerjalah seperti org jawa (terbukti orgnya ulet) dan terakhir berpikirlah seperti orang batak(b'coz karna org cerdasnya indonesia bro).....

Betul juga cakap kau kawan, kau bilang orang batak ...orang cerdasnya Indonesia betul33x...karena Habibie juga org batak yang lahir di Toba khan

Anonymous said...

ORANG TOBA DAN ORANG TORAJA PUNYA 1 KESAMAAN.. SAMA2 DIJAJAH BELANDA.

Pinka Pinky said...

Saya Sarah Matto dari Malaysia,
saya juga berbangsa Toraja.
saya berminat untuk mengkaji tentang asal-usul bangsa nenek moyang saya.
soalan saya,
ada cerita yang mengatakan bahawa Bangsa Toraja ini sebenarnya berasal dari Vietnam @ China. jadi adakah bangsa kita ini juga merupakan kacukan China?

Maharani Maraya said...

pernah baca gak tentang menara babel..disitulah asalnya ada perbedaan bahasa..pernah baca gak..bapa Abraham/Ibrahim adalah Bapak segala suku bangsa yang percaya kepada ALLAH BAPA di Surga.. n pernah baca gak kalau anak sulung akan menjadi hamba adiknya. ngerti gak maksud saya..kalau gak ngerti gak usah ngaku2 dechhh..bikin masalah aja.

Anonymous said...

sebelum'y sya mnta maaf saudara/i skalian,,sya Yopi.A.Limbong
,,papa sya org tator asli sdangkan ibu sya org kalimantan asli,,dan saya lahir di sampit,,ortu sya berpesan apabila ada org yg nanya sya asli mna jwb sja asli indonesia kta papa sya,,karna dri omongan kita org dpat menilai,,dan apabila org tersebut dgn angkuh'y mengatakan suku'y lah yg pling hebat org itu tlah mlakukan dosa besar dlm hdup'y,,karna apabila smua suku di indonesia tidak bersatu mka indonesia tdk akn prnah merdeka smpai KIAMAT ! ! !

Anonymous said...

Apa2an ini...!!! Kalian hidup diJaman apa sich...??? Kita ini INDONESIA bukan Negara Batak, Toraja,Jawa dan suku2 lain..seolah2 kalian Beda Nenek moyang {Adam - Hawa} atau memang ada yang nenek moyangnya sebangsa Orang monyet..???
Sampai Ada yang menyebut :Toraja harus belajar Berdaganglah seperti Orang Padang {Anda Yakin orang padang semau jago berdagang..??}; Bekerjalah seperti Orang Jawa {Anda Yakin semua Orang Jawa Tekun Bekerja...??}; Berfikir seperti Orang Batak {Anda yakin semua Orang Batak Cerdas...???}...Coba2lah berkunjung kedaerah lain di Indonesia diluar ...dan lihat 3 suku yang Anda sebutkan...??
Kalian semua ini SOK TAHU SEJARAH SUKU-SUKU DI INDONESIA...!!!

Bob S Simbolon said...

Sangat disayangkan kalau sejarah budaya Toraja dan Batak kita ulas dari masa pertengahan zaman kebudayaan masing - masing....

Saya Bobson Samsir Simbolon, saya mengambil kesamaan etnik dan ritmik antara budaya Batak dan Toraja sebagai Tesis saya. Kalau anda ingin tau benar apa tidaknya ada persaudaraan antara Toraja dan Batak, cobalah telisik lebih jauh ke zaman hancurnya kerajaan Asoka di india, yang merupakan zaman imigrasi terbesar di Asia...

dari sana kita semua akan tau apakah ada persaudaraan antara Toraja dan Batak. dan penting kita ketahui bahwa pada zaman majapahit, Tanah indonesia adalah Nusantara yang tidak berpulau-pulau seperti saat ini.

Anonymous said...

pada dasarnya toraja adalah toraja
masalah nenek moyangnya tidak usah di perdebatkan karna tidak akan ada hbisnya..,susi bang mo to' sangmanku sia sangbaineku..........,

msalh suku batak, dayak, daya, minang, makassar, bugiss
mrilh kita sebgai gnerasi muda untuk melestarikan budaya kita masing2.., untuk indonesia yang lebih baik........,

pada mo to' lakupokada

stewart rumengan to sanggalla' do mai toraya,.,. tannia manado le.........., toraya asli cuy.....,

Anonymous said...

saya ingin tahu apakah ada kaitan antara suku kaum minangkabau dan toraja? kerana saya dapati kedua2nya berkonsepkan tanduk kerbau dalam senibinanya.. harap maaf jika apa yg saya katakan itu salah.

Anonymous said...

Bro... warna latarnya bisa diganti ngga'? sakit mata bacanya bro...

Andre Marora Tiranda said...

Halo..bokap gue toraja, nyokap gue batak...dan menurut gue...we all are from the same planet...just different mother ship .. :) we all hybrid everyone ... Were not even not from planet earth..:) peace !!

Anonymous said...

jawaban buat kampung baru_rufei
tau apa mengenai batak ??
toba,simalungun,karo,gayo,pak-pak,angkola,mandailing.
kalau anda bisa berkomentar seperti itu
coba jelaskan kpd saya kenapa ada sebutan toba,smalungun,karo dst...


sory asal usul kami gg perlu beberkan kesemua orang dan toraja tidak diaspora batak.

Anonymous said...

jawaban buat kampung baru_rufei
tau apa mengenai batak ??
toba,simalungun,karo,gayo,pak-pak,angkola,mandailing.
kalau anda bisa berkomentar seperti itu
coba jelaskan kpd saya kenapa ada sebutan toba,smalungun,karo dst...


sory asal usul kami gg perlu beberkan kesemua orang dan toraja tidak diaspora batak.

nobert raymond said...

apa habibi lahir di batak ngawur yach??/
habibi itu lahir di parepare sulawesi selatan ngimpi yach habibi lahir di batak?

Anonymous said...

apakah manado ada kaitannya dengan Toraja dan Batak.....?,,,,^_^

Anonymous said...

Manusia cuman bisa berpresepsi, tapi hanya Tuhan yg tau. Mau batak kek, toraja kek, jawa kek, bugis dll yg penting gw msh bisa bernafas dan menikmati ke indahan alam indonesia.
* Misa' kada dipotuo, pantan kada dipomate
* Siri na pacce
* Siboru puas siboru bakkara, molo dung puas sae soada mara

Anonymous said...

Persamaan Toraja, Batak, Dayak, Manado adalah sama2 mayoritas beragama Kristen, karena 1 keyakinan maka mereka merasa ada kecocokan antara mereka....
Benar aja Toraja & Batak itu bersaudara dalam iman kepada Yesus Kristus... Dan mengenai siapa kakak atau adik....tergantung Iman Mereka....Nanti Tuhan Yesus yang menentukan yang mana kakak dan yang mana adik....:)

Anonymous said...

Toraja dan Batak Bersaudara dalam nama Yesus Kristus.....

Unknown said...

Pada umumnya yg memberi koment pd gak bermutu n cenderung provokatif ingin memunculkan konflik antar etnis (SARA). Bakal cepat hancur nih Indonesia kl generasinya spt kalian..

G-ya said...

lihat komen-komen di atas..miris banget rasanya..
jadi jangan ngeluh ya kalo budaya dan negara kita diklaim atau diinjak-injak orang lain..wong satu negara aja komennya SARA begini
ckckck...

karis said...

numpang koment...slm kenal...saya paskaris toraja asli....yg pernah saya dengar toraja, tolaki, sangir, dayak, batak dan minangkabau berasal dari bangsa mongolia yang terpecah karena perang di laut cina selatan.dan yg tertua adalah toraja dan batak.dari semua suku yang berkerabat tsb di atas terdapat kesamaan yang pertama yaitu rumah adat yg menyerupai perahu, yang kedua yaitu pakaian adat wanita yang agak ketat. jadi jika ada yang mengklaim bahwa sukunyalah yang lebih dulu, silahkan saja dengan bukti yang anda miliki.yang pastinya keberagaman itu sangat indah jika disikapi positif.sebaliknya jadi malapetaka jika disikapi negatif.

Anonymous said...

baa, jadi seru mengenai masalah suku suku, apalagi suku batak hadir di topik dengan judul 'Sejarah Tana Toraja" Dengan 3 pointnya ; berdagang sprt org padang, rajin sprt org jawa, cerdas sprt org batak., blm lagi mengaku paling banyak org pintarnya di indonesia.
Pantasan Indonesia makmur, kuropsi tdk ada, hukumnya adil.

Anonymous said...

Buto na to batak....

Unknown said...

Hidup SISINGAMANGARAJA!

Anonymous said...

laso mu ria batak !!!!! sok2 merendahkan orng sulawesi... sdh jago kahhh ??? jgn smpai sulawesi marahhh !

Anonymous said...

Hidup sulawesi !!!!! sumatera BUTASSIK...

Anonymous said...

Aduh salah semua... Yang betul itu toraja adalah tempat para raja raja di lahirkan, Dan yang pastinya toraja adalah tanah perjanjian. Don't miss it.

Anonymous said...

Gw Percaya Tuhan Menciptakan Adam, lalu Hawa, Kemudian mereka memiliki anak, dan makin bertambah banyak, beranak cucu, dan seperti cerita di Alkitab, Bahasa manusia itupun menjadi berbeda beda, lalu menyebar ke berbagai daerah, bermukim dan memiliki kebudayaan masing-masing, Kalau mengenai Hubungan Batak - Toraja, saya rasa masih ada hubungan, bisa dilihat dari kebudayaannya, saya ga mau berpendapat siapa yang duluan, siapa yang kakak atau adik, bagi saya kedua suku tersebut berasal dari nenek moyang yang sama, namun seiring berjalannya waktu, masing masing memiliki kehidupan budayanya sendiri, dari segi bahasa, rumah adat, tari-tarian, dll. dari sekian kemiripan itulah tanda kalo dahulu kita masih satu nenek moyang, Jadi STOP menyatakan Suku Anda Hebat dari Suku yang Lain,karena itu hanya akan merusak persaudaraan dari nenek moyang yang sama. -[ Vay Hutagalung ]-

Anonymous said...

SAYA DARAH BATAK ..
SAUDARA SAYA TORAJA...

#Horas Lae..
#Horas Appara

Nainggolan said...

Banyak yang keliru mengaitkan Batak dan Toraja karena terlalu subjektif

Dalam silsilah Batak yang dikatakan serumpun adalah Sijau (Nias) dan Siujung (Aceh Alas), Siraja Batak sendiri adalah cucu dari Ompung Engbanua saudara tengah dari Sijau dan Siujung

Dalam mitologi Batak, diatas Siraja Batak masih ada beberapa kakek moyang dimana mungkin Batak dan Toraja bertemu

Persamaan kita pada penggunaan media kerbau pada ritual, penguburan sekunder, datu sebagai posisi tertinggi dalam struktur sosial, pengakuan pada Puang Matua (Toraja) dan Ompung Mulajadi (Batak) sebagai Supreme God, dan berbagai kesamaan lain bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita saudara rumpun, seperti nias, dayak, bugis, dll.

Turi-turian (sejarah batak) yang asli dan tertua yang diakui oleh ratusan marga dan sub-marga tidak pernah mengakui secara sepihak tentang Nias atau Toraja

kita adalah bagian dari sejarah dan budaya nusantara pra-hindu, sepupu jauh yang terpisah oleh wilayah dan sejarah

Unknown said...

Assalamualaikumm...
sy orang mandar.. dan sy bangga di Indonesia ada suku Toraja sy saluut sama Toraja.. budaya maupun orang2nya, Toraja ya Toraja ! Hidup Toraja !!!

Unknown said...

Assalamualaikumm...
sy orang mandar.. dan sy bangga di Indonesia ada suku Toraja sy saluut sama Toraja.. budaya maupun orang2nya, Toraja ya Toraja ! Hidup Toraja !!!

Anonymous said...

boleh berpendapat tentang suku dan ras, tapi jangan lupa kita harus menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika .
Benar ngga :)

Anonymous said...

Hey mulutmu tak kau jagakah,,kau pikir suku batak penakut apa maksudmu jgn sampai sulawesi marah,kau pikir anak sumatera penakutkah dr sabang sampai bakauheni

Anonymous said...

Semua "mungkin" bisa ada kesamaan, memang jika dikaji dari sejarah-sejarah dulu konon ada pertalian persaudaraan Batak-Toraja. Kita tahu ada yang menganggap suku lain keturunan suku nya tapi "Ingat" kita semua perpecahan akibat perang. Dan berImigrasi ke tujuan berbeda. Persamaan timbul akibat orang" pendahulu. Bahwa kerja-sama lah yang paling utama. HORAS

Unknown said...

hello saudara-saudariku yang terkasih.....waduh seru ya ngobrol disni,,,hehehe lucu2 komentx...jgn marah2 . qt harus bangga dgn bangsa kita yg beraneka ragam sukunya. no sara ya...perkenalkan saya asli orang toraja. papa mama saya orang toraja cuma sdh merantau ditolitoli sulteng,jadi saya lahir dan besar ditolitoli. meskipun saya besar di negri orang saya tahu lo asal usul sya dr mn. yang saya tahu mmg suku toraja dan suku batak itu memiliki kemiripan budaya,tapi tak sama, dari sumber2 yang saya baca mmg dulu nenek moyang orang toraja dan batak da hub,tp kurang jelas hub yang bgmn,belum pembuktian yang konkret,,ada lagi sumber yang mengatakan kalau nenek moyang orang toraja itu brasal dari Cina Utara makanya rumah adatnya selalu mengahadap ke utara. kalau yang ini saya sedikit percaya,mmg orang toraja itu ada hubnya dengan cina,,contohnya saja dikeluargaku,,dikeluarga kami tidak ada ket. cina tapi kok saudra sama sepu2 sya dan tante sya yang dari mama semuanya berkulit kuning dan mata sipit,bahkan terkadang kk sya disangka orang cina,padahal toraja asli. gitu sodara2,,,namanya bangsa indonesia pasti hublah,,kyk orang minahasa dan toraja itu punya hubungan yang erat lo,,,,sdh banyak orang minahsa menikah dengan orang minahasa,jadi sdh pasti berhubungan.Gitu sodara....hehehe

Anonymous said...

http://nusantaratour.wordpress.com/nenek-moyang-bangsa-indonesia/

Menurut teori Model Out of Taiwan, bahasa Austronesia mulai mengkristal di Formusa atau Taiwan. Penutur bahasa ini bermigrasi dari daratan China Selatan 6.000 tahun yang lalu. Diperkirakan mereka berasal dari Fujian atau Guangdong, dua daerah di China Selatan.

Proses kristalisasi bahasa Austronesia di Taiwan kemudian melahirkan budaya Da-pen-keng. Budaya tersebut berkembang dan bercabang-cabang menjadi sejumlah dialek lokal. Itu terjadi sekitar 4.700 tahun lalu. Pada masa Austronesia awal tersebut manusia sudah mengerti memelihara babi dan anjing, sudah mengenal budidaya padi meski masih sederhana, menanam ubi dan tebu, membuat kain dari kulit kayu, dan membuat gerabah....

Anonymous said...

sebagian orang Austronesian memang berasal dari Cina selatan tetapi sebagian lainnya berasal dari Indo-cina (Vietnam)

telah ditemukan oleh para ahli Genetik bahwa di provinsi Zhejiang, Cina itu memiliki tipe Haplo DNA O1a (m119) atau disebut juga DNA AUSTRONESIA……

maka jelas SEBAGIAN dari suku Austronesia itu berasal dari Cina selatan….

mereka itu dari kelompok PROTO MELAYU dan di Cina orang-orang Zhou menyebut mereka BAIYUE 百越 ……

Unknown said...

hehe saya org endrekan tapi lahir di malaysia jga.. yg pastinya org endrekan lebih dkt dgn toraja.. kalau tak percaya lihat pemakaman org endrekan kuno.. sama dgn org toraja.. cuma beza nya org endrekan memeluk islam dan mngglkan semua budaya lama yg bertngn dgn ajaran islam.. hehe jadi klau batak dgn toraja itu sama mmg salah dan dak masuk akal.. perkataan batak itu sendri ciptaan org melayu merujuk kepada org pendalaman sumatra.. yg berarti barba dan bkn islam.. (maaf) dan belanda turut mngunakan istilah tersebut.. difinisi batak itu sendiri kurng jelas sebab sub2 suku batak punya bahasa yg sngt berbeza2 angkola mandailing karo dan toba.. kalau berjmp ngomong nya pasti guna bahsa indo hahahha.., sampai skrg ada istilah melayu 'eh aku tak nak lah jadi kuli batak terus..' slam...

Unknown said...

bro manjapahit itu cuma claim saja tidak bukti jelas manjapahit sampai keluar jawa.. negara pasunda saja manjapahit gak bisa tawan.. sumpah pelapah saja tidak cukup.. dgn hnya mnyebut negara2 lain sambil berkata jika berjaya mnawan akn melapaskan puasa itu yg di katakan pati gajah mada.. selain itu bukti lain tidak ada.. tidak seperti sriwijaya bnyak candi2 di kedah(malaysia) chaiya (Thailand) borbodur (jawa) manjapahit gak ada apa2 skian

Unknown said...

bro manjapahit itu cuma claim saja tidak bukti jelas manjapahit sampai keluar jawa.. negara pasunda saja manjapahit gak bisa tawan.. sumpah pelapah saja tidak cukup.. dgn hnya mnyebut negara2 lain sambil berkata jika berjaya mnawan akn melapaskan puasa itu yg di katakan pati gajah mada.. selain itu bukti lain tidak ada.. tidak seperti sriwijaya bnyak candi2 di kedah(malaysia) chaiya (Thailand) borbodur (jawa) manjapahit gak ada apa2 skian

usungiseng said...

Analisanya terlalu disederhanakan.. Utk melihat persamaan lainnya antara batak dan toraja lihat analisa berikut https://www.academia.edu/4525092/Jejak_Peninggalan_Tradisi_Megalitik_di_Kabupaten_Samosir

Unknown said...

Salam damai broo
Saya sebagai orang BATAK sedikit jengkel dengan komentar saudara.
Kita orang Batak tidak pernah mendominasi kalau suku yang lain itu suku kita.. Tetapi kalaupun ada itu karena orang Batak ingin mempererat persaudaraan jika memang itu saudara kami. Saudara mengatakan kalau tarombo kami tarombo akal akalan, terlalu hebat anda yang mengatakan itu. Kalau mau saya jelaskan tarombo, bisa kontak saya, biar anda ngerti dan tidak asal ngomong.

Kalau soal kekuatan mistik yang anda katakan apa bedanya membuat mayat berjalan dengan membuat patung menari? Dan terbukti kalau Sorimangaraja Sitanggang (Batak) pada tahun 2006 tidak terkalahkan dan terpilih menjadi ketua paranormal sedunia.

Toh anda juga bukan asli Toraja kenapa harus mengadu domba kami?

harrysihar@yahoo.com said...

Toba juga dari Dong son. Gini ; toba bangsa nomad dari manchuria diusir lalu ke tibet dan tinggal di toba tartar,diusir lagi pindah ke burma utara lalu pindah ke Dongsan lalu pindah ke Toraja sekarang lalu meneruskan pindah ke dataran tinggi toba di sumut. Ini sudah hasil research.

Aneronnie said...

Saya ingin berikan info yang saya dapat dari mata pelajaran antropologi sosiologi waktu sma dulu. 3 suku di indonesia yg masuk pertama kali di nusantara ribuan tahun lalu yg diowrkirakan dari yunan china adalah batak, dayak , dan toraja. Ketiga suku ini digolongkan dlm gol. Proto melayu. Sedangkan suku bangsa lain yg masuk ke nusantara setelah era tersebut disebut deutro melayu..saya pikir anda semua jgn bertengkar mengenai suku mana yg tertinggi dan mendominasi diantara semuanya. Tidak ada gunanya. Hanya kebanggaan semu saja. Kita lebih baik membahas sisi positifnya. Kita bicara asal usul suku kita dan perkembangannya utk bisa memahami masa lalu dan dapat memahami masa depan. Dengan semakin moden dan masuk di era informadi ini. Batas batas etnis semakin kabur. Byk nilai dan budaya setiap suku semakin hilang. Padahal byk yg baik dari adat istiadat itu. Tugas anda masing masing dari setiap suku adalah bagaimana bisa menjaga kelangsungan budaya dan suku nya di era modern ini tanpa menjadi arogan. Krn perbedaan dan keunikan setiap suku itu adalah keindahannya. Jgn seperti yg terjadi di papua. Bdberapa bahasa daerahnya yg punah dan nyaris punah. Mungkin sy bisa kutip kalimat dari bpk emirsyah satar mantan dirut garuda. Yg akan bertahan melewati jaman itu bukan yg terkuat, terganas, terbesar, tercepat, tertinggi , tp yg dapat menyesuaikan diri dengan perubahan jaman. Selamat melestarikan budaya anda melewati perubahan jaman.

Unknown said...

toraja is the best

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Hallo kawan.
Saya dari Jawa.
Sekedar pingin curhat aja sih.

Jujur saya gak tau banyak tentang adat Toraja.
Saya baca artikel ini karna saya pingin tau adat Toraja.
Karna saya lagi Deket dengan orng Toraja.
Rasanya nyesek banget kalo blm bisa jumpa.
Di karenakan jarak yg memisahkan.
Saya di Jawa/Surabaya sedangkan si Dy nya di Toraja Rantepao .
Di saat ada duit GK ada wkt, dan di saat ada wkt blm ada duit.
Dan membutuhkan wkt libur yg lumayan panjang.
Apa lagi kerjaan GK bs di tinggal lama2.

Sedih sob.

Unknown said...

Mau apapun sukunya,yang jelas kita samoa basudara. Tentang batak dan toraja memang ada kemiripan tp msh perlu penelitian lebih lanjut.dan kalaupun ada kemiripan atau bahkan memang 1 rumpun. Tanpa mempersoalkan siapa kakak siapa adik. Ya trimakan saja... yg penting semua bersaudara dalam pancasila. Perbedaan bukan halangan untuk kita jadi saudara. GBU

Anonymous said...

1. Kalau ada orang batak yg bilang nenek moyang nya sama dgn toraja , tujuannya cuma 1, dia mau berteman lebih dekat.
2. Gak ada penelitian pasti yg menunjukkan hubungan antar suku di Indonesia, trus ngapain debat kusir.
3. Mau bikin bangga suku lo? buktikan prestasi lo, dengan marga/klan yg ada di nama lo, bikin bangga suku lo..


Unknown said...

Kebanyakan koment... Saya aja ngak pernah memperdebatkan...saya bapakbatak ibu dayak istri Toraja... Mau sama atw tidak.satu turunan atw tidak tapi kesamaannya kalo ada ada pesta yg besar memang Batak/Toraja dan Dayak itu selalu identik dgn Hewan yg namanya Kerbau.

Unknown said...

Iya saya pikir dia asli Toraja.. Baik2 lah sama orang dari suku asli Indonesia, jangankan batak. Suku apapun tengok tingkahnya bisa habis dia yg berani sok tahu dengan suku budaya kami.. hati2 kalau berkomentar.

Contoll said...

Toraja tidak terkenal mungkin di nusantara tpi di Mancanegara

Contoll said...

Wew

Dark wizzy said...

Saya mau menambahkan dari sisi batak ya, kami sama sekali tidak peduli dengan toraja, kami juga tidak mau mendominasi, kami salah satu suku terbesar diindonesia setelah jawa dan sunda,

Dan kami cukup terkenal di seluruh wilayah indonesia, tidak ada yang tidak kenal batak

Saya hanya mau meluruskan, bagi mereka yang sok tau

Toraja dan batak, bersama dengan nias dan dayak termasuk proto melayu,

Konyol sekali kalo ada yang bilang kalau bersaudara kenapa bahasa dan budaya jauh berbeda,
Well, banyak faktornya

Tapi yang jelas, kalau kalian perhatikan peti kubur batak,toraja,dayak dan nias itu mirip dan memiliki filosofis yang sama, peti kuburnya Mirip seperti perahu,

Dimana dalam perkembangan nya diketahui itu adalah kenang kenangan karena dulunya leluhur kita sampai ke wilayah masing masing dengan perahu,

Lalu filosofis dalam hidup juga indentik, hubungan dengan leluhur, lingkungan dan kehidupan sehari hari,

Silahkan datang ke pulau samosir bagi kalian toraja, saya jamin 100% kalian akan merasa seperti dikampung halaman sendiri

Geografis pegunungan, kerbau, rumah, ornamen, orang orang dan logatnya, kepala kerbau diatas rumah

Saya tidak melihat ada suku lain yang mirip dengan batak selain toraja bahkan nias sendiri pun tidak, saya lihat nias malah mirip dengan dayak

Padahal jarak batak dan toraja itu sangat jauh

Hisoka said...

Episode berapa om???
Becanda bro wkk.
Keren infonya. memang benar, di seluruh Indonesia hanya suku Batak yang mempunyai kesamaan dengan orang Batak. Wkwwk

Hisoka said...

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
Itu intinya.

Hisoka said...

AIHIHIHI....
Megora to.

Hisoka said...

Wkwkwkwk.
Gak penting kali ya bro.
La'biran male ki' Mamba'ta, anta mangngiru, anta malango.

Hisoka said...

Toraya umba ko, sangmane???

Hisoka said...

MANTAP BOSKU,,
MAU KAU ORANG BATAK, JAWA, MAKASSAR, TORAJA, PAPUA...KITA SATU INDONESIA.. DAN HANYA INDONESIA YANG BERPANCASILA.

misa' kada di patuo, pantan kada dipomate. (bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh).

Anonymous said...

TORAJA ASLI BUKAN KETURUNAN CINA!

Anonymous said...

Cina Provokator

Anonymous said...

Cina Cari Lagi Aman

Anonymous said...

Saya Batak,
dari kab.Tobasa (skrg kab.toba)
istri saya Asli Toraja.
Kami sangat harmonis dan bahagia. Uniknya Kakak Perempuan Kandung Saya bersuamikan Toraja. Mereka sangat bahagia seperti kami. Horas saya Batak Toba, Salam Persatuan Sebangsa Setanah Air. GBU

Unknown said...

Saya rang batak, kalo saya cocok berteman dgn si A brarti saya otomatis menganggapnya sbg sodara dekat,dan sy tdk ada mandang sukunya dr suku apa.cuman saya penasaran dr byk literasi yg sy baca batak & toraja itu katanya byk kemiripin dibanding dgn suku yg lainnya, terutama soal marga marga2nya, mmg byk yg agak mirip jg rumah adatnya.dah itu aj... Salam