Google

Sunday, January 27, 2008

2008, PNS Toraja Habiskan Rp246 M


TANA TORAJA -- Draf Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tana Toraja pada tahun 2008 menunjukkan, sebagian besar akan dihabiskan oleh pegawai.Berdasarkan draf Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) yang sementara dibahas di legislatif, belanja pegawai dianggarkan Rp246 miliar atau 50 persen lebih dari total APBD 2008.
Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Marthinus G Lebang, yang ditemui usai rapat pembahasaan PPAS Minggu malam lalu, mengatakan, total APBD Tana Toraja untuk tahun 2008, kurang lebih Rp509 miliar.
Marthinus beralasan, besarnya alokasi anggaran untuk sektor belanja pegawai ini, disebabkan karena adanya rencana kenaikan gaji pegawai pada tahun 2008. Untuk itu, lanjut dia, pemerintah daerah telah mempersiapkan anggarannya tersebut dalam APBD 2008.
"Belanja pegawai tahun 2008 memang cukup besar, itu sudah termasuk rencana kenaikan gaji pegawai," ujarnya.
Namun legislator Partai Demokrasi Kebangsaan itu menolak menjelaskan item dan besaran kenaikan gaji yang dimaksud.
Menyangkut anggaran sektor pendidikan dan kesehatan juga kalah jauh dari belanja pegawai. Untuk sektor pendidikan, mendapat alokasi sebesar Rp45 miliar. Sementara untuk sektor kesehatan hanya dialokasikan Rp15 miliar.
Legislatif dan eksekutif Bumi Lakipadada yakin, pembahasan RAPBD rampung paling lambat 31 Desember mendatang. Sehingga tak ada pemotongan dana alokasi umum bagi daerah ini.
Untuk mencapai target tersebut, seluruh PNS dan legislatif yang terkait dengan pembahasan tidak bisa menikmati cuti bersama. Bahkan pembahasan PPAS dilakukan hingga malam hari.

sumber:fajar.co.id

No comments: