Google

Sunday, January 27, 2008

Penelitian Mumi Dipresentasikan dalam Lomba KIR 2006

*membandingkan mumifikasi yang dilakukan pada zaman Mesir Kuno dengan mumifikasi di Tanah Toraja*

Jakarta - Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2006 ada yang menarik karena salah satu pesertanya berasal dari Sekolah Indonesia Cairo (SIC). Siswa sekolah itu mengirimkan karya mengenai mumi.
SIC dalam lomba KIR 2006 di Gedung LIPI, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (11/9/2006) mengutus dua siswanya, yakni Hudaibiyah Nila El Fara (17) dan Majda Infiraj (15). Mereka mengirimkan karya berjudul "Mumifikasi pada Zaman Mesir Kuno (Studi Komparasi Mumifikasi Tanah Toraja di Indonesia)".
Mereka datang ke Indonesia tanpa bantuan dana dari KBRI sehingga mereka tidak ke Tanah Toraja untuk meneliti langsung.
LKIR ke-37 ini diikuti oleh 255 peserta yang berasal dari 100 SMA dari 56 kota dan 20 provinsi di Indonesia.
Dalam presentasinya, kedua siswa tingkat SLTA itu mencoba membandingkan mumifikasi yang dilakukan pada zaman Mesir Kuno dengan mumifikasi di Tanah Toraja.
Menurutnya, mumi di Mesir dan di Indonesia memiliki kesamaan dalam kepercayaan yang dianut oleh masyarakatnya dan isi kuburan dari mumi tersebut. Perbedaan kedua mumi itu berasal dari bahan pembalseman, cara penguburan, tradisi proses mumifikasi, masa berlakunya tradisi, posisi mumi, bahkan sampai penyebutan mumi.
Pada zaman Mesir kuno, mumi disebu mummmiyaa, sedangkan masyarakat Tanah Toraja menyebutnya kasabandiyah. Namun ada persamaan, yakni isi kuburan itu berisi barang keseharian yang dipakai sewaktu masih hidup dan mereka percaya barang tersebut akan dibutuhkan setelah mati.
Para juri yang menilai karya ilmiah dua siswa SIC itu melihat teknik serta data masih sangat lemah. Hasil karya itu masih sangat kurang sekali wawancara, demikian juga aspek pembanding dua mumi itu masih belum signifikan.
Meski demikian, penelitian mumi itu cukup menyedot perhatian hadirin.

by:Rani Handayani,detik.com

1 comment:

Fira Fauzan Ar-Razi said...

terima kasih banyak sudah menulis berita ttg lkir saya dan deby, i really apprecate it, ^^
it's been 4 years,.